Dosen Fapet Mengangkat Potensi Kambing dan Apel Lokal sebagai Pangan Fungsional Yoghurt Susu Kambing

Dosen Fapet Mengangkat Potensi Kambing dan Apel Lokal  sebagai Pangan Fungsional Yoghurt Susu Kambing

Kampus  Universitas Islam Malang merupakan kampus unggul di tingkat Nasional. Pada tahun 2020, UNISMA sebutan akrab kampus kami mendapatkan rangking 44 tingkat Nasional. Penilaian dalam klasterisasi salah satunya adalah aspek penelitian. Setiap tahun, UNISMA selalu meningkatkan atmosfer penelitian sumber daya manusia melalui hibah institusi Unisma atau yang disebut  Hi-Ma. Program Hi-Ma penelitian pada tahun 2019 dibedakan menjadi 2 klaster, salah satunya klaster pemula. Program Hi-Ma klasterisasi pemula ini sangat bermanfaat bagi para dosen muda dalam hal pengembangan kinerja penelitian dosen.

Pada tahun 2019, dosen Fakultas Peternakan UNISMA berhasil mendapatkan pendanaan program penelitian klasterisasi pemula Hi-Ma pendanaan 2019/2020. Dalam program tersebut yang diketuai Oktavia Rahayu Puspitarini, S.Pt., M.Si bersama tim Ir. Hj. Sri Susilowati, MM mengangkat tema pangan fungsional yaitu potensi yoghurt susu kambing dengan penambahan sari apel manalagi sebagai sumber antioksidan.

Dalam penelitiannya, Oktavia menemukan bahwa dalam yoghurt susu kambing terdapat senyawa antioksidan dan seiring penambahan sari apel manalagi aktivitas antioksidan dalam yoghurt susu kambing semakin meningkat. Berdasarkan hal tersebut, Oktavia bersama tim ingin melanjutkan penelitian yoghurt susu kambing dengan aspek kajian kandungan nutrien dalam produk yoghurt susu kambing plus sari apel manalagi sehingga road map penelitian mengenai yoghurt susu kambing runtut dijalankan. Selain itu, kegiatan penelitian ini juga bermanfaat dalam hal pengembangan produk lokal buah kota Malang dan potensi susu kambing di daerah Kabupaten Malang.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp