Implementasi Program Hima dengan Pengabdian Di Sentra Ternak Desa Sumberputih Wajak

Implementasi Program Hima dengan Pengabdian Di Sentra Ternak Desa Sumberputih Wajak

Kabupaten Malang adalah salah satu pensupport ternak potong di wilayah Jawa Timur. Desa Sumberputih adalah desa di Kecamatan Wajak Kabupaten Malang yang penduduknya mayoritas bekerja sebagai peternak sapi potong. Sistem Manajemen yang dilakukan peternak masih tradisional. Oleh karena itu perlu penguatan dan pendampingan manajemen ternak sapi potong.

Adalah dosen senior Fapet UNISMA Dr. Ir. Sumartono, MP yang mempunyai inisiatif untuk memberdayakan peternak melalui program Pengabdian HIMA yaitu Hibah Institusi Universitas Islam Malang. Unisma memberikan sarana dalam bentuk dana stimulus untuk implementasi Tridharma Perguruan tinggi dengan melakukan pengabdian bagi masyarakat.

Aktivitas pengabdian yang dilakukan Sumartono adalah : Penyuluhan dan praktek mengatasi kekurangan hijauan dengan menanam rumput gajah, Penyuluhan dan           praktek pembuatan fermentasi jerami   yang berfungsi mengganti pakan hijauan dan Penyuluhan dan praktek pembuatan pakan konsentrat. Dengan program pengabdian ini Fakultas Peternakan melalui kegiatan pengabdian dosennya mampu menjawab permasalahan peternak. Tentunya progam pengabdian ini harus dilakukan pendampingan sehingga penguatan manajemen ternak sapi potong dapat dicapai secara komprehensif dan bermanfaat bagi peternak.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp