Mahasiswa KKN Tematik Fapet UNISMA Sosialisasikan Manajemen Bibit dan Digitalisasi Pemasaran Tanaman Hias Di Era New Normal

Mahasiswa KKN Tematik Fapet UNISMA Sosialisasikan Manajemen Bibit dan Digitalisasi Pemasaran  Tanaman Hias Di Era New Normal

Kegiatan KKN di masa pandemi covid ini menyebabkan ruang lingkup untuk pelaksanaan KKN periode genap 2020 ini dibatasi. Pelaksanaan KKN Unisma periode ini dilaksanakan di tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Mahasiswa Fakultas Peternakan bernama Adis Farady, salah satu  anggota kelompok KKN Tematik 16 melaksanakan KKN di tempat tinggalnya yaitu Desa Banjaranyar, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Pada masa pandemi  covid ini, menyebabkan aktivitas warga Dusun Boro Desa Banjaranyar, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri banyak dimanfaatkan di lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, Adis sebagai mahasiswa KKN memberikan sebuah inovasi kegiatan di sela-sela waktu luang warga supaya tetap produktif. Kegiatan yang dilakukan bersama warga adalah manajemen pembibitan tanaman hias. Adis mengajak warga untuk melakukan pembibitan tanaman hias. Kegiatan ini dilakukan dalam minggu pertama bulan Agustus 2020. Dalam pelaksanaan KKN Tematik periode ini, Adis dibimbing dosen Oktavia Rahayu Puspitarini, SPt., MSi.

Kegiatan lainnya adalah mensosialisasikan cara pemasaran tanaman hias secara online. Warga belum memiliki pengalaman pemasaran tanaman hias dalam dunia online. Hal ini dikarenakan biasanya tanaman diambil oleh pengepul. Warga belum mengetahui tentang jual beli di grub facebook dan di e-commers. Oleh karena itu, peran saya disini adalah untuk mensosialisasikan kepada mereka tentang berjualan di grub facebook yang nantinya akan mencakup pasar di sekitar daerah (wilayah kecamatan) dan di e-commers akan mencakup pasar seluruh Indonesia.

Pada era sekarang, pembeli menyukai barang pembeliannya itu diantar ke rumah meskipun terdapat biaya pengiriman. Jadi persiapan untuk berjualan di grub facebook adalah dengan menyediakan kendaraan yang dapat mengantarkan tanaman tersebut sedangkan penjualan di e-commers memerlukan alat packing seperti kardus dan lakban.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga masyarakat Dusun Boro Desa Banjaranyar, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri. Riyana selaku warga berharap dengan kegiatan ini dapat memulihkan perekonomian warga sekitar di tengah pandemi covid-19 ini dengan memberikan pengetahuan warga yang nantinya pemanfaatannya akan berkelanjutan mesipun pandemi ini telah berakhir.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp