EKUIVALENSI 10 SKS DIPEROLEH MAHASISWA FAPET MELALUI PROGRAM HOLISTIK PEMBINAAN DAN PEMBERDAYAAN DESA (PHP2D) HIBAH DIKTI KEMDIKBUD

Mahasiswa Fapet UNISMA melalui Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Peternakan untuk ke empat kalinya sukses meraih program PHP2D Dikti Kemdikbud. Program ini adalah program yang bertujuan untuk mengembangkan soft skills mahasiswa dan menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan menumbuhkan rasa peduli mahasiswa untk berkontribusi dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Tema yang diambil adalah Penyuluhan dan Demoplot “Migratory system Technology Tawon Alas Lereng Semeru”. Mahasiswa Fapet berkeinginan melakukan pemberdayaan petani lombok di Desa Wrininanom Poncokusumo dengan budidaya tawon alas Lereng Semeru sehingga ada pendapat tambahan selain dari hasil budidaya Lombok yang hanya didapat setiap tiga bulan sekali. Salah satu program dari PHP2D adalah Penyuluhan dan Demoplot Budiday Tawon Alas dan Pegolahan Pasca Panen Madu. Kegiatan ini dilaksanakan hari sabtu tanggal 26 September 2020 di rumah ketua kelompok tani Desa Wringinanom Mas Hartono. Materi pertama penyuluhan disampaikan oleh M. Muizzhuddin yang juga sebagai Ketua Tim PHP2D Fapet UNISMA. Materi yang disampaikan adalah terkait pembekalan para petani dalam memulai budidaya tawon alas. Muiz, sapaan akrabnya, menyampaikan kepada petani tawon alas agar dapat mengembangkan usaha budidaya tawon dengan menggunakan teknologi modern sehingga hasil yang didapat berkelanjutan. Selain itu hasil panen yang dihasilkan juga tidak hanya madu tetapi ada bee pollen, royal jelly, dan propolis. Materi ke dua disampaikan oleh Fiqhi Fahrezi Fanani. Fiqhi menyampaikan pengolahan pasca panen madu meliputi proses pengolahan, packaging, labeling dan marketing.

 

Foto penyuluhan

 

Selain itu Tim PHP2D ini juga melakukan demoplot pembuatan kotak koloni/stup serta alat alat pendukung lainnya untuk kebutuhan budidaya ternak lebah.  Stup ini dipersiapkan pada saat praktek real di Lereng Semeru yang rencanaan dilakukan pada tanggal 4 Oktober 2020. Seluruh tim beserta 4 kelompok petani bersama- sama ke Lereng Semeru untuk melakukan budidaya Tawon Alas dengan mengambil langsung Lebah Hutan di pohoh- pohon Lereng Semeru untuk di budidayakan.

 

Foto pembuatan kotak koloni/Stup

 

Dosen pendamping tim PHP2D drh. Nurul Humaidah, M. Kes mengatakan bahwa program PHP2D ini sejatinya adalah implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Fakultas Peternakan UNISMA. Program yang dilakukan selama 6 bulan di Ekuivalen setara 10 SKS mata kuliah. Mata kuliah tersebut meliputi : KKN, Ilmu Aneka Ternak, Manajemen Aneka Ternak serta Sosiologi Penyuluhan. Ekuivalensi ini sebagai penghargaan kepada mahasiswa yang terjun langsung di Desa Wringinanom dengan berbagai program seperti penyuluhan, demoplot, pendampingan, marketing produk madu, pembentukan jejaring dan evaluasi pasca program. Semua program tersebut tentunya meningkatkan soft skills mahasiswa sehingga mahasiswa mempunyai kompetensi dan daya saing, demikian kalimat penutup yang disampaikan oleh Ida.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp