Peduli Lingkungan, Mahasiswa Fapet Unisma Tanam Bibit Pohon di Lahan Rawan Longsor

Dikutip dari TIMESINDONESIA, MALANG, Kelompok 62 KSM-T Unisma Malang Fakultas Peternakan melakukan kegiatan tanam bibit pohon di lahan yang rawan longsor dan banjir, Kamis (11/2). Aksi tanam pohon ini merupakan salah satu program pengabdian masyarakat unggulan dari kelompok 62.

Bibit yang digunakan dalam kegiatan ini merupakan bibit pohon kesemek. Penanaman bibit pohon tersebut dilakukan di area Dusun Kekep, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

“Lahan yang ditanami merupakan lahan yang mudah longsor dikarenakan lerengnya yang curam dan tidak ada pohon sama sekali untuk menopang tanah,” ucap Suwono selaku BPBD Desa Tulungrejo.

Selain itu, program penanaman pohon juga dilakukan di daerah lain yang rawan longsor dan banjir, yaitu di kawasan Coban Talun. “Pohon yang kita tanam ketika sudah tinggi akan menjadi lumbung penyimpanan air serta dapat menahan tanah,” kata Wildan, koordinator KSM-Tematik Kelompok 62.

Selain dari peserta KSM Tematik Unisma Malang, kegiatan ini melibatkan anggota karang taruna dari Desa Tulungrejo sebagai pemandu lokasi. (*)

(*)Pewarta: Desita Ismayasari, Mahasiswa Fapet Peserta KSM Kelompok 62 Universitas Islam Malang (UNISMA)

SUMBER: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/328736/peduli-lingkungan-mahasiswa-ksmt-unisma-malang-tanam-bibit-pohon-di-lahan-rawan-longsor

 

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp