Ormawa Fakultas Peternakan Himaprodi dan BEM Meraih Prestasi Membanggakan P3D dan PHP2D dari Dikti Kemdikbud

Tahun 2021 adalah tahun berprestasi bagi mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang. Himaprodi Peternakan berhasil meraih program hibah kompetisi Program Pengembangan Pemberdayaan Desa (P3D) dan BEM Fakultas Peternakan meraih Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Program ini merupakan program DIKTI KEMDIKBUD yang dilaksanakan untuk memberdayakan masyarakat desa melalui ormawa.

P3D adalah program pengembangan dari kegiatan PHP2D yang telah berhasil diraih Himaprodi Peternakan tahun 2020. Selama pelaksanaan PHP2D tahun 2020 telah terjadi koordinasi yang baik antara perguruan tinggi yang dilakukan organisasi kemahasiswaan, perangkat desa, dinas dan berbagai mitra yang relevan dengan program pemberdayaan. Kinerja Himaprodi Peternakan terbukti mampu memberdayakan desa, maka perlu dikembangkan dengan melibatkan lebih banyak masyarakat sasaran. Ketua Tim P3D Nofri Ardana menyampaikan bahwa untuk pengembangan program selanjutnya, tema yang diambil adalah  “Menuju Desa Mandiri Paripurna Melalui Penguatan Partisipatif dan Kolaboratif  Lembaga Lokal Unit Bisnis Madu Tawon Alas Lereng Semeru”. Anggota tim adalah  Gustiansyah, Muhammad Muizzhuddin, Yena Arifa, Muhammad Sahroni Andriansah, Wahyudi Satriyo Wicaksono, Ina Dwi Istiqomah, Mochammad Basyori Alwi, Dewi Citra Wati, Muhammad Naufal Nawwaf Syafi, Ahmad Daris Alfarisi, dan Muhammad Zakariyyah. Diharapkan setelah program selesai dihasilkan buku panduan pemberdayaan desa oleh Himaprodi Peternakan.

BEM Fakultas Peternakan berhasil meraih PHP2D dengan tema “Optimalisasi Skill Seni Ngamen Virtual Karawitan Melalui Edukasi Branding Content Creator Hybrid System pada Kelompok Seni Budaya Lokal Karang Taruna Setyo Laras Dusun Gondang Tulungrejo Bumiaji Batu”. Ketua Tim sekaligus Ketua BEM Khabib Mustofa Alkamal menyampaikan bahwa di era pandemi ini kesenian lokal yang ada di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Batu vakum aktifitas seninya. Sebenarnya dengan sentuhan teknologi maka kegiatan bisa berjalan melalui edukasi branding seni ngamen virtual. Anggota tim adalah Audrey Erlianti, Kamelia Oktafiyanti, Moh Zulfikar Anwar, Fathor Rahman, Tulus Adi Winaryo, Dian Mirza Ahsanu Ikhwanda, Muzayyin Ilmana, Pradivta Jemy Nur Rahmatullah dan Fatimatuzzahro Muharomah

Wakil dekan bidang kemahasiswaan sekaligus dosen pembimbing di kedua program tersebut drh. Nurul Humaidah, M. Kes menyampaikan bahwa Pandemi covid 19 tidak boleh menghambat sistim pembelajaran bagi mahasiswa terutama terkait pencapaian soft skills. Keterlibatan mahasiswa dalam pembangunan desa membuat mahasiswa belajar untuk berkolaborasi dan berlatih menjadi pemimpin yang transformasional di masyarakat desa. Selamat untuk Ormawa Fapet Unisma jangan lelah untuk menorehkan prestasi bagi almamater. (NH)

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp