Dosen Fakultas Peternakan Unisma Kembangkan Digital Recording

Dosen Fakultas Peternakan Unisma Kembangkan Digital Recording

Unisma Malang melakukan berbagai kegiatan out of the box dalam implementasi MBKM , penelitian merupakan salah satu bidang yang dilaksanakan oleh Dosen program studi Pascasarjana dan Sarjana Peternakan.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Ir. Mudawamah, M.Si, IPM. Asean.Eng dengan anggota Dr. Ir. Sumartono, MP., dan melibatkan mahasiswa program Magister serta Sarjana Peternakan Iniversitas Islam Malang.

Domba Sapudi tidak bisa dibedakan antara pejantan induk yang punya potensi anak kembar dengan tunggal. Maka untuk mewujudkan domba Sapudi Unggul potensi anak kembar tidak bisa melalui morfologi.

Guna kepentingan kedepan, pengembangan metode early detection induk/pejantan potensi anak kembar perlu diteliti dari tingkat molekuler protein dan genetik.

Recording ternak dalam seleksi dan culling yang tepat dan cermat merupakan hal penting yang perlu dilakukan agar tidak terjadi salah pilih,  sehingga keunggulan domba Sapudi semakin lama semakin meningkat.

Maka dilakukan pengembangan digital recording dengan memanfaatkan smart phone agar kegiatan recording lebih mudah dan fleksibel .

Bantuan satu buah timbangan digital portable ke UPT HMT Garahan Jember diberikan untuk menunjang kemudahan digital recording.

10 buah timbangan gantung yang mudah dibawa kemana-mana untuk peternak sebagai doorprise bagi kelompok ternak dan peternak yang sudah belajar tentang digital recording dan mengaplikasikan recording pada ternak dombanya.

Semoga seluruh kegiatan ini mampu meningkatkan keunggulan ternak lokal Indonesia yaitu domba Sapudi unggul potensi anak kembar sebagai salah bentuk bela Negara civitas akademika program Magister dan Sarjana Peternakan Unisma Malang dalam kegiatan tri dharma PT berbasis MBKM. (*)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This
× WhatsApp