Pengembangan Potensi Pengencer Semen Cair Berbahan Dasar Lokal oleh Dosen Fapet UNISMA

UNISMA menyediakan dana penelitian bagi para dosen melalui hibah klasterisasi penelitian dosen Unisma (Hi-Ma) untuk meningkatkan publikasi ilmiah. Pemanfaatan bahan dasar lokal merupakan modal untuk mengembangkan potensi riset di lingkungan kampus Unisma.

The Educational milestones Universitas Islam Malang pada tahun 2019-2023 adalah Research University Phase. Peningkatan publikasi ilmiah merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kampus UNISMA menjadi Research University.

Tujuan dari program Hi-Ma adalah didapatkannya hasil penelitian yang kongkrit dan bermanfaat bagi masyarakat, industri, pemerintah, untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, menghasilkan luaran berupa jurnal ilmiah.

Fapet Unisma

Hi-Ma 2022

Tim dosen Fakultas Peternakan yang diketuai oleh Nisa’us Sholikah, S.Pt., M.Pt., bersama Ir. Hj. Sri Susilowati, MM dan melibatkan 2 mahasiswa berhasil mendapatkan pendanaan program penelitian klasterisasi Hi-Ma pendanaan 2021/2022 dengan topik penelitian “Penggunaan Pengencer Berbasis Air Kelapa sebagai Alternatif Pengencer Semen Cair kambing Boer”.

Penggunaan bahan-bahan pengencer semen impor yang mahal dan sulit didapatkan menjadi dasar pemikiran melakukan penelitian tersebut.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan dasar lokal yang digunakan dalam penelitian tersebut dapat menjadi bahan baku alternatif dalam proses pembuatan pengencer semen kambing boer untuk inseminasi buatan menggantikan pengencer semen impor.

CATEGORIES
TAGS
Share This
× WhatsApp