Lagi dan lagi, Tim Mahasiswa Fapet Unisma Raih P2MW Dikti Kemdikbud

Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang (Unisma) menorehkan lagi prestasi yang membanggakan dalam bidang mahasiswa wirausaha di pertengahan tahun 2022 ini. Dua Tim mahasiswa dari Fapet Unisma Raih Pendanaan Program Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Dikti Kemdikbud.

Tidak tanggung-tanggung 2 tim fapet berhasil menyabet P2MW dari Kemdikbud Dikti dengan total dana 30 juta. Tim Fapet berkolaborasi dengan mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Administrasi dan Bisnis serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ekosistim wirausaha sudah menjadi bagian yang  diimplementasikan oleh Unisma dalam 4 tahun terakhir ini. Hal ini untuk mempersiapkan Unisma memasuki milestone tahap Entrepreneur University pada tahun 2023. Program P2MW merupakan program pembinaan bisnis mahasiswa yang telah memiliki usaha.

Seleksi ketat dilakukan dalam 2 tahap yaitu seleksi tingkat universitas dan seleksi oleh Kemdikbud Dikti. Kolaborasi mahasiswa Unisma dengan ketua Freih Jailani berhasil memperoleh pendanaan dan pendampingan dengan bisnis bidang budidaya ALUNA : Ayam Pelung Penyanyi.

Tim satu P2MW 2022 Fapet Unisma

Tim Satu P2MW 2022

Pelung Jaya Farm merupakan nama bisnis mereka. Bisnis ini merupakan usaha yang bergerak dalam bidang breeding  Ayam Pelung. Bibit Ayam Pelung Aluna merupakan juara kontes nasional.

Permintaan bibit ayam pelung mencapai 25-30 pasang/bulan. Harga Ayam yang sudah terseleksi bibit unggulnya dengan suara pelungnya memanjang bisa mencapai harga minimal 3 juta/ekor.

Tim dua P2MW 2022 Fapet Unisma

Tim Dua P2MW 2022

Kategori usaha yang dijalankan adalah Jasa dan perdagangan dengan nama usaha WENA PETSHOP. Petshop sendiri merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang penyedia produk atau jasa bagi keperluan hewan peliharaan (Pet Animal).

Kedua Tim dibimbing oleh Dr. drh. Nurul Humaidah, M. Kes. Kesempatan untuk mengasah skills kewirausahaan selama menjadi mahasiswa sangat tinggi. Program seperti P2MW, IWDM dan Wirausaha Merdeka adalah kesempatan yang dapat diraih oleh mahasiswa demikian disampaikan oleh Nurul.

Jangan dilewatkan kesempatan ini karena pemerintah akan memfasilitasi dan mendampingi dengan memberikan pelatihan baik secara online atau melalui bootcamp kewirausahan. Sebagai negara besar Indonesia mempunyai potensi untuk menjadi negara maju dengan kekuatan ekonomi yang besar.

Untuk menjadi negara besar dengan ekonomi kuat maka minimal 4% penduduk berwirausaha. Unisma sebagai perguruan tinggi besar siap berkontribusi mendukung penguatan ekonomi bangsa dengan menghasilkan mahasiswa berjiwa wirausaha.

CATEGORIES
TAGS
Share This
× WhatsApp