Mahasiswa Fakultas Peternakan Unisma Berhasil Menjuari Kompetisi Animal Judging Tingkat Nasional

Tim mahasiswa Fakultas Peternakan berhasil memenangkan kompetisi nasional dalam ajang Competition of Animal Science dengan Tema “Optimalisasi Ternak Lokal untuk Kesejahteraan Peternak Rakyat”. Kompetesi tersebut diselenggarakan oleh HIMPROTER Universitas Maarif Nadlatul Ulama dan Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI) Wilayah 3 Jawa Tengah.

Aggota Tim Animal Judging

Aggota Tim Animal Judging

Tim yang diketuai oleh Moch Anwar Setiawan dengan beranggotakan Ananda Afrizal dan Dian Mirza Ahzanul. Ketiga Mahasiswa tersebut dibimbing oleh Nisa’us Sholikah, S.Pt M.Pt.
Competition of Animal Science (COAS) menyelenggarakan 3 jenis lomba yaitu poster, videografi, dan Animal Judging. Team Mahasiwa Peternakan UISMA mengikuti bidang lomba Animal Judging. Lomba tersebut berupa penilaian terhadap ternak sapi pedaging.

Berkat kerja kerasnya tim Peternakan UNISMA berhasil meraih juara pertama. Peserta harus sangat jeli untuk memenangkan kompetisi ini, dengan memperhatikan setiap detail dari video yang dikirimkan dan memberi penilian terhadap kualitas bakalan sapi pedaging yang layak atau tidak untuk digemukkan.

Pengalaman ini sangat berharga dan menjadi modal awal untuk mahasiswa peternakan UNISMA menjadi peternak milenial yang sukses. Ilmu Judging ternak tentu sangat penting untuk dikuasai peternak.

Pemilihan ternak yang baik secara fisik akan membantu proses penggemukan ternak. Ternak yang sudah siap secara postur akan tumbuh lebih baik dalam proses penggemukan. Baiknya postur ternak sebagai calon bakalan ternak sangat dipengaruhi oleh genetik ternak serta management pemeliharaan fase anakan atau pedet.

Management pemeliharaan saat masa pedet sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ternak di fase berikutnya. Management pemeliharaan yang baik akan menjaga imunitas ternak dengan baik.

Jika peternak terampil dalam memilih ternak sebagai calon bakalan, maka peluang keberhasilan usaha penggemukan ternak pedaging akan meningkat

CATEGORIES
TAGS
Share This
× WhatsApp