Covid-19 dan Lifestyle Milenial Pets Lovers

Covid-19 dan Lifestyle Milenial Pets Lovers

Oleh: drh Nurul Humaidah, MKes *

GENERASI milenial identik dengan teknologi informasi. Setiap aktivitas selalu diposting di media online seolah sudah menjadi lifestyle. Apapun dilakukan agar selalu terlihat keren dan up to date. Salah satu lifestyle baru generasi milenial yang trend sekarang adalah memelihara hewan eksotik. Terpikirkah oleh mereka bahwa perubahan ekosistim hewan-hewan eksotik tersebut mendukung terjadinya mutasi virus corona? Apakah Covid-19 muncul salah satunya karena lifestyle kaum milenial?

Salah satu ciri utama generasi milenial ditandai oleh peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, dan teknologi digital. Karena dibesarkan oleh kemajuan teknologi, generasi milenial memiliki ciri-ciri kreatif, informatif, mempunyai passion dan produktif. Selain itu mereka mempunyai lifestyle (gaya hidup) yang berbeda dari yang lain seperti misalnya dalam memelihara hewan kesayangan. Hewan kesayangan umumnya terdiri dari kucing atau anjing. Namun, kini semakin banyak milenial memelihara satwa eksotik seperti ular, kadal, landak, iguana, hewan pengerat eksotik (tupai terbang, tupai tanah, sugar glider), hewan berkantong marsupial, musang, hingga tarantula. Sepertinya ada keseruan memelihara hewan eksotik dalam era digital ini. Selain karena ingin dilihat beda kaum milenial juga akan merasa bangga kalau bisa dapat mengupdate status/profile di feature media sosialnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE) menegaskan bahwa penyebaran COVID-19 terjadi dari manusia ke manusia dan belum ada bukti yang kuat bahwa hewan dapat menyebarkan penyakit ini. Masih perlu waktu untuk memastikan apakah virus penyebab COVID-19 (SARS CoV2) berasal dari hewan dan kemudian menulari manusia. Penularan antar manusia merupakan rute utama penyebaran. Penelitian di hulu (pada hewan) terkait potensi zoonosis tetap perlu dilakukan sebagai langkah kesiapsiagaan untuk masa yang akan datang.(sumber:duta.co)

Selengkapnya lihat di duta.co

CATEGORIES
Share This