Dosen Fapet Unisma Menjadi Pemakalah Terbaik di Webinar Nasional Persepsi 2020

Dosen program Sarjana dan Pascasarjana Peternakan Unisma Malang, Dr.Ir. Mudawamah menjadi pemakalah terbaik dalam Webinar yang digelar pada hari Jumat (29/5/2020) mulai pukul 13.30-19.00. Kegiatan Webinar tersebut diikuti oleh berbagai perguruan tinggi Negeri maupun Swasta bidang Peternakan dengan penyelenggara menggandeng asosiasi profesi Peternakan Indonesia yaitu Persepsi (Perhimpunan Ilmuwan Sosial Ekonomi Peternakan Indonesia).

Judul makalah yang diangkat oleh Dr.Ir. Mudawamah adalah “tantangan Pendidikan Tinggi Swasta dalam menyiapkan Sumber Daya Peternakan yang Unggul dan Mandiri”.  Tulisan ini memberikan penjelasan tentang berbagai tantangan dalam peningkatan profesionalitas dosen dan re-desain kurikulum berbasis bidang peternakan di era industrial revolution 4.0 maupun pandemi covid-19, new normal dan kampus merdeka.

Dr. Mudawamah menjelaskan, dalam makalah tersebut mampu menggambarkan tantangan masa depan kebutuhan SDM peternakan yg berubah dikaitkan dg RI 4.0, pandemi covid-19, new normal, kampus merdeka yang mempercepat perubahan kriteria sumber daya manusia bidang peternakan berbasis pada spesifik skills, expert, kemampuan kolaborasi dan networking, kemampuan aspek digital dan IoT dan entrepreneurship.

Pendidikan Tinggi Swasta harus mengelola secara efektif networking dengan alumni, industri dan perguruan tinggi lain guna menginplementasikan kampus merdeka dan individual learning tetapi juga harus mampu menciptakan competiveness melalui efisiensi biaya, keunggulan spesifik bidang peternakan yang selaras dengan keunggulan “the founders” yg tertuang dalam AD/ART yayasan. SDM yang tangguh dan mandiri indikatornya adalah SDM yg mampu diserap di dunia kerja dan industri serta mampu membuka lapangan kerja baru dengan berwirausaha. (Sumber : times.indonesia.co.id)

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp