Dosen Fapet Unisma Kembangkan Potensi Pengencer Semen Cair Berbahan Dasar Lokal

Dosen Fapet Unisma Kembangkan Potensi Pengencer Semen Cair Berbahan Dasar Lokal

The Educational milestones Universitas Islam Malang pada tahun 2019-2023 adalah Research University Phase. Peningkatan publikasi ilmiah merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kampus UNISMA menjadi Research University. UNISMA menyediakan dana penelitian bagi para dosen melalui hibah klasterisasi penelitian dosen UNISMA (Hi-Ma) untuk meningkatkan publikasi ilmiah. Tujuan dari program Hi-Ma adalah didapatkannya hasil penelitian yang kongkrit dan bermanfaat bagi masyarakat, industri, pemerintah, untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menghasilkan luaran berupa jurnal ilmiah.

Tim dosen Fakultas Peternakan yang diketuai oleh Nisa’us Sholikah, S.Pt., M.Pt., bersama tim Ir. Hj. Sri Susilowati, MM berhasil mendapatkan pendanaan program penelitian klasterisasi pemula Hi-Ma pendanaan 2019/2020 dengan topik penelitian “Penggunaan Pengencer Berbasis Air Kelapa sebagai Alternatif Pengencer Semen Cair Berbahan Dasar Lokal”. Penggunaan bahan-bahan pengencer semen impor yang mahal dan sulit didapatkan menjadi dasar pemikiran melakukan penelitian tersebut. Diharapkan dari hasil penelitian diperoleh pengencer semen dengan kualitas yang baik, murah, dan mudah didapat serta dapat menjadi pedoman bagi para akademisi dan bagi unit pelaksana teknis Inseminasi Buatan dalam membuat pengencer semen.

Dalam penelitiannya, Nisa’us Bersama tim menemukan bahwa pengencer berbahan dasar lokal air kelapa hijau muda dengan penambahan kuning telur 15% dapat mempertahankan kualitas semen cair kambing boer sampai lama simpan 3 hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan dasar lokal yang digunakan dalam penelitian tersebut dapat menjadi bahan baku alternatif dalam proses pembuatan pengencer semen kambing boer menggantikan pengencer semen impor. Hasil penelitian Nisa’us dan Tim telah terbit di Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan Tropis Vol. 7(2): Halaman 152-157 pada Mei 2020.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp