Stik Susu dan Hand Sanityzer Produk Andalan Mahasiswa Fapet dalam KKN Tematik Di Jabung

Stik Susu dan Hand Sanityzer Produk Andalan Mahasiswa Fapet dalam KKN Tematik Di Jabung

Kuliah Kerja Nyata (KKN) di masa pandemi ini tidak menghilangkan kreativitas mahasiswa dalam melaksanakan program-program yang dibuat. Hal ini dilakukan oleh Afi Dhotul Qoilidiyah. Mahasiswa fapet semester 7 ini melakukan KKN Tematik di daerah sentra sapi perah di Desa Jabung Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. KKN ini dilakukan secara mandiri untuk menjaga penyebaran kasus covid. Afi melakukan KKN di Desanya sendiri tentunya dengan menjaga protokol kesehatan.

Desa Jabung adalah sentra sapi perah. Hampir 80% penduduknya bekerja sebagai petani/peternak. Tematik KKN Afi adalah Pengolahan susu sapi menjadi Stik Susu. Stik susu adalah cemilan sehat dengan bahan baku susu. Dalam program ini Afi melakukan demoplot pembuatan Stik susu di hadapan ibu-ibu PKK.  Stik susu sapi merupakan cemilan ringan yang sehat tanpa ada campuran bahan kimia. Tujuan program ini adalah menambah wawasan ibu-ibu PKK tentang produk diversifikasi dari susu. Selain itu juga meningkatkan ketrampilan pembuatan stik susu sehingga diharapkan nantinya ibu-ibu PKK dapat memproduksi dan menjualnya sehingga dapat menambah pemasukan keluarga di masa pandemi ini.

Program lain yang dilakukan Afi terkait tema pencegahan Covid 19 adalah pelatihan pembuatan gel handsanityzer kepada pemuda/pemudi Desa Jabung. Pada acara tersebut juga dilakukan sosialisasi pentingnya memproteksi diri dengan selalu membersihkan tangan dengan handsanityzer ketika habis dari luar rumah dan pemakaian masker. Selesai acara dilakukan pembagian masker gratis kepada peserta pelatihan.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp