Dosen Fapet UNISMA Bantu Bangkitkan Perekonomian Kelompok Peternak Kelinci di Kampung Kelinci Desa Codo Wajak

Dosen Fapet UNISMA Bantu Bangkitkan Perekonomian Kelompok Peternak Kelinci di Kampung Kelinci Desa Codo Wajak

Desa Codo Kecamatan Wajak Kabupaten Malang mempunyai kelompok peternak kelinci “Maju Mapan” yang tidak aktif karena kemampuan budidaya dan pengolahan pasca panen yang  rendah. Dosen Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang Ir. Irawati Dinasari RR, MP., membantu membangkitkan  perekonomian dan mengaktifkan kembali kelompok peternak kelinci melalui program Motivasi Traning and Skill of  Development budidaya kelinci dan pengolahan pasca panen. Kegiatan memberdayakan potensi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berwirausaha mitra melalui  peningkatan usaha ekonomi produktif budidaya kelinci pedaging dan pengolahan daging kelinci.

Kegiatan ini diimplementasikan melalui Program HIMA Universitas Islam Malang dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Program pengabdian ini dilakukan dengan melakukan beberapa kegiatan yang meliputi edukasi, pelatihan dan pendampingan. Materinya dari Budidaya kelinci, Pembuatan complete feed serta pembuatan bakso, nuget dan sempol dari daging kelinci. Kegiatan pengabdian ini juga diperkuat dengan pemberian pengetahuan mitra tentang pemasaran produk, pembukuan dan keterampilan tentang tata cara pengurusan izin usaha.

Dari hasil pengabdian, masyarakat mengikuti dengan antusias karena diterapkan pola pembinaan dan pendampingan. Masyarakat yang semula dianggap sulit untuk berubah dalam mengatasi ekonomi keluarga akhirnya tergerak untuk maju sehingga terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat. Ke depannya dengan membangun motivasi dan kreativitas berwirausaha kelompok ternak kelinci maka maka Kampung Kelinci Desa Codo akan menjadi penggerak ekonomi desa.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp