Program Pengabdian PHP2D HIMAPRODI Fapet UNISMA : Pelatihan Budidaya Tawon Alas Lereng Semeru

Program Pengabdian PHP2D HIMAPRODI Fapet UNISMA : Pelatihan Budidaya Tawon Alas Lereng Semeru

Himpunan Mahasiswa Program Studi Peternakan HIMAPRODI Fakultas Peternakan UNISMA telah melakukan salah satu program hibah kompetisi DIKTI KEMDIKBUD yaitu Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Program tersebut adalah Pelatihan budidaya tawon alas bagi petani Desa Wringinanom Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Pada kegiatan ini Himaprodi action langsung di Lereng Gunung Semeru bersama dengan petani.
Petani hortikultura Cabe dan sayuran di Desa Wringinanom mempunyai aktivitas mencari madu hutan di Lereng Gunung Semeru. Aktivitas ini dilakukan karena pendapatan dari Cabe dan sayuran tidak sesuai dengan biaya produksi. Harga cabe yang fluktuatif tidak seimbang dengan biaya produksi. Panen cabe dan sayur yang hanya dapat dilakukan 2-3 bulan sekali membuat petani tidak mempunyai pemasukan rutin per bulan. Selain itu pemberlakuan PSBB karena pandemi Covid 19 membuat ekonomi petani lebih terpuruk lagi. Potensi Hutan Lereng Semeru dalam bidang produksi madu tawon alas sangat besar. Sayangnya petani tidak mempunyai pengetahuan dan ketrampilan tentang budidaya lebah madu tawon alas.
HIMAPRODI Fapet UNISMA melakukan pelatihan meliputi : 1. Penentuan lokasi budidaya tawon alas berdasarkan lingkungan yang mendukung di Lereng Semeru, 2. Pemecahan koloni dari Tawon Alas yang akan dibudidayakan3. Pemindahan dan penempatan koloni pada stup, 4. Pembuatan sisiran baru, 6. Penggabungan koloni lebah dan pengangkatan ratu, 7. Aplikasi Migratory Technology untuk kontinuitas produksi.

Ketua Tim PHP2D M. Muizzuddin mengatakan bahwa pelaksanaan budidaya ini tidak berhenti hanya pada pelatihan saja, tetapi dilakukan pendampingan oleh tim setiap minggu sampai Tawon alas berhasil dibudidayakan dan berkembang koloninya. Indikator bahwa proses budidaya tawon alas berhasil adalah dihasilkannya madu yang kontinyu dari masing-masing stup tersebut. Dosen pendamping program ini adalah drh. Nurul Humaidah, M. Kes yang akrab dipanggil Ida. Ida mengikuti acara pelatihan ini dan mengamati semua proses yang dilakukan mahasiswa sampai selesai. Dengan melihat beratnya medan serta tantangan dalam pemindahan koloni tawon alas serta proses penyuluhan dan pelatihan Ida mengatakan bahwa kegiatan ini patut diapresiasi dengan ekuivalensi Mata Kuliah KKN, Ilmu aneka Ternak, Manajemen Aneka Ternak serta Sosisologi dan Penyuluhan. Ini adalah bentuk penghargaan kepada mahasiswa serta secara tidak langsung merupakan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp