Mahasiswa Fapet Berdayakan Perekonomian Warga Melalui Budidaya Stroberi Menggunakan Kompos Ternak

Dikutip dari TIMESINDONESIA, MALANG – KSM Tematik Unisma Malang berperan aktif saat new normal. Mahasiswa peserta KSM Tematik kelompok 4, Suliono sebagai ketua dan anggota Harmono, Anas, Ivan, Alvan, Septi, Rido, Yasin, Rico, Edi, Maksum, Dwi, Zidin melakukan edukasi budidaya stroberi dengan pemanfaatan limbah ternak.

Kegiatan ini didampingi oleh Dosen pembimbing Nisa’us Sholikah S.Pt., M.Pt. Bersama Anggota Karang Taruna Desa Klampok mahasiswa Unisma melaksanakan kegiatan di Desa Klampok, Singosari, Kabupaten Malang, Jumat (12/2).

Ternak kambing dan Sapi yang banyak dipelihara oleh warga dapat diintegrasikan dengan budidaya tanaman stroberi yang biasa dikenal dengan integrated farming system. Mahasiswa memberikan edukasi pengelolaan limbah ternak menjadi pupuk organik pada tanaman stroberi sebagai penunjang tambahan ekonomi masyarakat Desa Klampok RT 04 RW 06.

“Tujuan dengan memanfaatkan limbah ternak sebagai pupuk dapat menekan biaya pengeluaran  kebutuhan pupuk, bibit yang dihasilkan sebagai penghasilan tambahan untuk warga Klampok,” jelas Samsul selaku Ketua Karang Taruna. Ia sangat merespon program pelatihan yang dilakukan anggota dari KSM Tematatik Unisma dengan baik. Sementara itu Suliono, koordinator kelompok 4 KSM-T Unisma Malang berharap kegiatan ini menjadi salah satu alternatif guna meningkatkan perekonomian warga setempat. (*)

(*) SUMBER: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/329476/ksmt-unisma-malang-berdayakan-perekonomian-warga-melalui-budidaya-stroberi

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp