Dosen Fapet Unisma Malang Bantu Perbaiki Manajemen Reproduksi Sapi Potong

Dikutip dari TIMESINDONESIA, MALANG – Dosen Fakultas Peternakan Unisma Malang, Nisa’us Sholikah, S.Pt., M.Pt., bersama dengan Dr. Ir. Sumartono, MP melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, di Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Minggu (28/3/2021). Kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan kepada para peternak rakyat di Kecamatan Pakis yang memiliki berbagai permasalahan tentang manajemen reproduksi sapi potong.

Di lokasi pengabdian sangat perlu perbaikan manajemen reproduksinya mengingat masih tingginya angka Service per conception (S/C), jarak beranak yang terlalu panjang, ketidak tepatan waktu untuk Inseminasi buatan (IB), ketidaktahuan mengenai deteksi birahi yang tepat, dan belum diterapkannya sistem pencatatan atau recording yang baik meliputi identitas sapi, data reproduksi (kapan birahi, tanggal perkawinan, tanggal kebuntingam, tanggal kelahiran) serta data kesehatan reproduksi (kasus infertilitas/penyakit dan penanganan/terapi yang diberikan). Keadaan ini yang menyebabkan perlunya diberikan penyuluhan kepada peternak tentang pengetahuan teknis tepat guna agar dapat mengelola ternaknya dengan lebih baik.

“Kami berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat membantu meningkatkan produktivitas sapi yang berdampak pada perekonomian peternak, karena banyak kasus sapi potong disini yang mengalami repeat breeders atau kawin berulang karena buruknya manajemen reproduksi, hal tersebut lah yang menyebabkan peternak rugi waktu, biaya pakan, dan biaya untuk IB ulang,” kata Nisa selaku ketua program pengabdian.

Kegiatan penyuluhan dari Unisma Malang ini direspon positif oleh peternak yang ditunjukkan dengan antusiasme untuk hadir dan aktif diskusi permasalahan mereka. “Kami bersyukur karena ada perhatian dari pihak kampus untuk melaksanakan penyuluhan disini, semoga dapat diterapkan dengan baik oleh peternak,” ucap Sulaiman, ketua kelompok peternak di Desa Pakisjajar. (*)

*)Pewarta: Nisa’us Sholikah, Dosen Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang (Unisma)

SUMBER: https://www.timesindonesia.co.id/read/news/338859/dosen-fapet-unisma-malang-bantu-perbaiki-manajemen-reproduksi-sapi-potong

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp