Fakultas Peternakan Kerjasama dengan Edu Farm Foundation dalam Magang Bertani untuk Negeri

Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang melalui BEM Fakultas Peternakan mengadakan webinar sosialisasi Magang Bertani Untuk Negeri (BUN) bersama Edu Farm Foundation pada hari Kamis, 2 Juli 2021 bertempat di Gedung Pusat Lantai 4. Magang merupakan salah satu program dari 8 program MBKM yang dilaunching oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Acara dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan drh. Nurul Humaidah, M. Kes. Sebagai moderator adalah Ketua BEM Fakultas Peternakan Khabib Mustofa Alkamal.

Edu Faram Foundation atau sebelumnya dikenal dengan nama Japfa Foundation adalah salah satu Grup Japfa yang bergerak dalam bidang sosial. Salah satu programnya adalah Bertani Untuk Negeri. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui kegiatan inovativ dan kolaborativ di peternak mitra Japfa Group. Kegiatan program meliputi pengabdian kepada peternak, magang dan belajar dunia profesi secara langsung di lapang. Head of Product Edu Farm Foundation Ignatius Egan Jonatan menyampaikan bahwa kepedulian perusahaan terhadap keadaan pertanian di tanah air serta realitas kompetensi lulusan pertanian peternakan yang kurang mendorong perusahaannya mengadakan program BUN. Sinergitas dengan Mobilisasi generasi muda untuk memajukan dunia agrikultur diprediksi akan menyelesaikan masalah dunia pertanian/peternakan sekaligus menguatkan kompetensi lulusan bidang pertanian/peternakan.

Program BUN kali adalah Batch III dan sudah bekerjasama dengan Kemdikbud dalam program MBKM. Area penempatan di Jawa Timur yang akan dimulai pada tanggal 15 Agustus 2021 – 5 Februari 2022. Komoditas program adalah Ayam Broiler. Pelaksanaan magang selama 22 minggu dan terdiri dari 4 fase besar yaitu pre Bootcamp, Bootcamp, Proyek dan Closing. Selama program pembelajaran dilakukan secara online course dan konferensi video. Materi mencakup hard skill peternakan, hard skills non peternakan dan soft skill peternakan yang diberikan tim ahli sesuai kondisi permasalahan di lapangan. Selama program peserta belajar sambil menciptakan dampak nyata kepada peternak dengan meningkatkan produktivitas mereka. Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa semester 5.

Dekan Fakultas Peternakan sebagai keynote speaker menyampaikan bahwa jika mahasiswa mempunyai kompetensi terutama jika mempunyai sertifikat kompetensi maka akan diakui oleh dunia industri dan akan mendapat privilege dalam dunia kerja. Dekan mendorong untuk mengikuti magang sehingga memperoleh pengalaman banyak di luar kampus. Selain itu juga untuk keberlanjutan kerjasama maka akan dilakukan MoU dengan Edu Farm Foundation. Menyitir pernyatan mas menteri, Dekan menutup webinar dengan menyampaikan jika ingin menjadi mahasiswa yang berpengalaman luas jangan hanya menjadi ikan dengan berenang di kolam tapi carilah ilmu dan pengalaman dengan berenang di lautan. (NH)

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp