Mahasiswa Fakultas Peternakan Bantu Peternak Unggas dalam Pengembangan UMKM di Desa Ngajum Kabupaten Malang

Kelompok Kandidat Sarjana Mengabdi (KSM) 103 dan 104 dari Fakultas Peternakan UNISMA melakukan kegiatan sosialisasi pada ternak unggas di Dusun Sembon Desa Ngajum Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan solusi kepada peternak yang mengalami kesulitan selama peternak tersebut memelihara ternaknya. Kelompok KSM UNISMA 2021 di Desa Ngajum ini melakukan sosialisasi dan ditemukan beberapa keluhan peternak seperti manajemen ternak, kesehaan ternak, pakan ternak, dll. Dengan adanya sosialisasi ternak seperti ini diharapkan para peternak desa Ngajum dapat mengurangi masalah yang sering di alami peternak serta dapat mengembangkan usahanya lebih meluas lagi di daerah Ngajum ini.

Kegiatan ini dilakukan karena potensi kebutuhan pakan juga kesehatan yang sangat perlu diperhatikan. Karena dari kegiatan tersebut dapat menghasilkan luaran berupa penggemukan dan kesehatan serta hasil produksi dari ternak sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga peternak dapat mengetahui dan menghindari hal – hal yang sekiranya merugikan ataupun mengancam kesehatan bagi ternak yang di peliharanya.

Kegiatan ini dilakukan di salah satu peternak lokal di Dusun Sembon dengan melakukan sosialisasi pada para peternak yang memiliki usaha ternak ayam potong dengan model kandang close house serta jumlah populasi ternak yang dimiliki yaitu sekitar 7.000 ekor.

Kegiatan ini dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan potensi sehingga luaran dapat sesuai yang diharapkan oleh peternak itu. Dengan mengamati jumlah ternak serta kegiatan ternak dalam kandang pada setiap harinya, maka didapatkan sebuah solusi untuk mengatasi berbagai masalah pada peternak seperti kesehatan ternak, manajemen pakan, manajemen ternak, dll. Pada kegiatan ini juga di dampingi oleh Bapak Achmad Bagus Adhilulung Mardhotillah, S.Pt., M.Pt, M.Sc selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang mengarahkan kelompok 103 dan 104 KSM UNISMA untuk memberikan sosialisasi ilmu peternakan pada para peternak di daerah tersebut. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa Fakultas Peternakan membantu peternak dalam membuat pakan maupun mengetahui kesehatan ternak itu. Sehingga para peternak sangat terbantu dengan diadakan kegiatan sosialisasi seperti ini. Para peternak juga mengetahui lebih luas bagaimana cara untuk memberikan pakan secara teratur pada ternaknya dan mengetahui langkah – langkah tepat jika ada ternaknya yang mengidap sakit maupun gejala penyakit yang akan ditimbulkan.

Kegiatan ini dilakukan di salah satu milik peternak yang bernama Fery Prasmono yang sudah berjalan sejak tahun 2016. Pak Fery Prasmono telah memiliki usaha ternak ayam potong sendiri dengan jumlah populasi ternak sekitar 7000 ekor. Pak Fery menuturkan bahwa usahanya telah memiliki banyak manfaat pada warga sekitar kandangnya yakni memberikan kecukupan pokok bagi keluarga, tetangga, serta masyarakat sekitar. Pak Fery Prasmono memiliki pegawai sekitar 8 orang yang bertempat tinggal didesa tersebut.

Dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini disambut baik oleh Pak Fery Prasmono selaku pemilik usaha ternak ayam potong tersebut. Serta pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil dari ternak yang dimiliki oleh peternak – peternak lain dari segi pemeliharaan maupun kesehatan ternak tersebut. Pelaksanaan kegiatan ini juga diharapkan mampu membangkitkan rasa ingin untuk berusaha berternak pada masyarakat sekitar juga dapat memberikan manfaat bagi para masyarakat yang khususnya memiliki pekerjaan sebagai petani. Pak Fery Prasmono juga menuturkan bahwa banyaknya pengeluaran yang tidak dibutuhkan sehingga dengan dilakukan sosialisasi ini dapat menjaga pengeluaran yang diperlukan juga dapat meningkatkan pendapatan yang diharapkan.

 

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp