Dosen Fakultas Peternakan UNISMA, Kembangkan Domba Sapudi Potensi Kembar

Repost dari NEW MALANG POS, MALANG– Dosen Universitas Islam Malang (Unisma) mengembangkan domba lokal berkualitas di Desa Sidomulyo Jember. Hasil riset tim peneliti Unisma itu diberi nama Domba Sapudi Potensi Kembar (Twin). Penelitian diketuai oleh Dr. Ir. Mudawamah,M.Si, dosen Program Sarjana dan Magister Peternakan Unisma.

Untuk merealisasikan target domba Sapudi potensi kembar (twin) tim dosen melakukan Focus Group Discussion dan Uji Produk bersama kelompok ternak domba. Kegiatan ini menggandeng Unit Pelaksana Teknis Pembibitan Ternak dan Hijauan Makanan Ternak (UPT PT HMT), atau disingkat dengan UPT Jember di Desa Sidomulyo Jember.

Dalam materinya, Dr. Ir. Mudawamah,M.Si memberi penjelasan pentingnya memilih induk dan pejantan kembar agar impian desa Sidomulyo binaan UPT Jember sebagai lumbung ternak kembar (twin) bisa terwujud. Selanjutnya diikuti dengan praktek recording untuk mengukur produktivitas induk per tahun. “Dengan memilih induk pejantan kembar yang tepat, maka potensi mengembangkan domba kembar semakin besar,” katanya.

Acara tersebut diselingi dengan ice breaking dipandu oleh Dr. Ir. Sumartono, MP., sebagai anggota peneliti Unisma. Tidak hanya itu, tim dosen Unisma juga memberikan pelatihan kepada warga tentang pemanfaatan rambut domba menjadi pupuk. Pelatihan ini dibina Dr. Sama’ Iradat Tito, S.Si, M.Si. yang juga tim dari Unisma. “Agar program twinning domba Sapudi ini bisa ramah lingkungan maka kami juga mengadakan demonstrasi pengolahan limbah rambut domba menjadi pupuk yang bisa dimanfaatkan oleh warga,” terang Mudawamah.

Untuk akselerasi program induk potensi kembar, tim dosen menghibahkan dua ekor induk domba Sapudi yang mempunyai potensi melahirkan anak kembar. Secara simbolis domba ini diberikan oleh Mudawamah selaku ketua peneliti Unisma kepada Kepala UPT Jember Ir. R. Pari Bhramanto D., M.M.

Kegiatan sosialisasi dan pendampingan ini terus berlanjut dengan komunikasi dan monitoring oleh tim dosen kepada kelompok ternak domba di Desa Sidomulyo Jember. Kunjungan berkelanjutan itu dilaksanakan secara offline maupun daring. “Tentu kami menginginkan segera bisa terwujud domba Sapudi yang unggul potensi kembar sesuai dengan harapan,” harap Mudawamah.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan diikuti sebanyak 40 peternak dari kelompok Peternak Domba di Desa Sidomulyo. Acara tersebut dibuka oleh Ketua UPT PT HMT Ir. R. Pari Bhramanto D., M.M. Dalam kesempatan tersebut juga ada materi tata kelola organisasi kelompok ternak oleh Staf Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember, Purwoto, S.Pt.

Domba Sapudi Potensi Kembar merupakan salah satu dari produk unggulan penelitian di bawah Lembaga Penelitian (Unisma) dengan Klaster Utama. Unggulan penelitian ini didanai Kementerian Riset dan teknologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek Dikti BRIN tahun) 2021. (adv/imm/udi)

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp