Buah Karya Monumental Tim Mahasiswa Fakultas Peternakan Unisma dari Program Pengabdian Kemdikbud Dikti

Karya monumental tim mahasiswa Fakultas Peternakan Unisma Malang berupa buku dari hasil kegiatan pengabdian yang berasal dari Kemdikbud Dikti Belmawa.

Fapet Unisma

Mahasiswa Fapet Unisma beserta karya buku yang ditulis dari program PHP2D dan P3D Kemdikbud

Ada dua buku yang dihasilkan selama 2 tahun terakhir. Judul buku pertama adalah Panduan Beternak Lebah Madu Hutan. Buku ini dihasilkan dari Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2020 yang diketuai oleh Muhammad Muizzuddin. Penulis buku adalah Asrul Fauzy dan Vina Anisa Rokim.

Buku yang ke dua berjudul Penguatan Ekonomi Desa Melalui Pemanfaatan Potensi Hutan dan Unit Bisnis Madu Tawon Alas. Penulis buku adalah Muhammad Naufal Nawwaf Syafiq dan Yena Arifa. Buku ini dibuat dari hasil kegiatan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Desa (P3D) yang diketuai oleh Nofri Ardana.

Kedua buku tersebut ditulis berdasarkan pengalaman tim mahasiswa ketiks melakukan pengabdian di Desa Wringinanom Poncokusumo Kabupaten Malang. Desa Wringinanom dengan hutan yang luas mempunyai kekayaan alam yang belum digarap secara maksimal. Potensi madu yang dihasilkan dari tawon alas belum digarap teknologi budidaya tawon alas dalam menhasilkan madu berkelanjutan.

Buku pertama berisi teknologi budidaya, teknologi panen dan marketing.
Buku kedua berisi tentang bagaimana upaya meningkatkan ekonomi desa melalui peningkatkan kreativitas masyarakat desa dalam memanfaatkan potensi sumberdaya manusia (SDM) dan sumberdaya alam (SDA), mensinergikan kelembagaan lokal yang dinamis sebagai basis pengembangan pemberdayaan desa dan menguatkan serta memperluas kerjasama kemitraan untuk keberlanjutan unit bisnis desa.

Program PHP2D dan P3D adalah program hibah kompetisi dari Kemdikbud Belmawa Dikti yang bertujuan untuk mengembangkan soft skills mahasiswa melalui program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Program ini diharapkan dapat membangun karakter positif, empatik, peduli, ulet, kreatif, bertanggung jawab melalui organisasi mahasiswa dan menemukan serta mengembangkan potensi desa untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Fapet Unisma Malang melalui Himaprodi Peternakan sukses meraih program ini mulai tahun 2017 di bawah bimbingan Dr. drh. Nurul Humaidah, M. Kes.

CATEGORIES
TAGS
Share This
× WhatsApp