Dosen Fakultas Peternakan Sosialisasikan Peningkatan Kualitas Industri Rumah Tangga Melalui Perbaikan Gizi, Sanitasi Dan Hygiene

 

Senin (14/3/22) tim pengabdian perwakilan dari LPPM UNISMA melakukan pendampingan dan penyuluhan kepada pelaku industri rumah tangga (IRT) di Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang. Salah satu mitra adalah Ibu Umroh selaku pemilik IRT Kerupuk Samiler.

Salah satu cara peningkatan kualitas produk IRT ataupun UMKM adalah dengan memperhatikan kualitas gizi yang ada dalam produk karena konsumen sekarang sudah “melek” tentang pentingnya menjaga kesehatan. selain itu, ketika akan membeli suatu produk makanan, tentu konsumen ingin memperoleh produk yang bersih dan tidak menyebabkan penyakit. Industri rumah tangga sebagian besar masih mengolah produknya dengan cara sederhana dan tradisional, sehingga masih perlu peningkatan kesadaran untuk menjaga kualitas produknya dengan memperhatikan sanitasi dan higienitas produk agar memperoleh izin edar. Oleh karena itu dilakukan penyuluhan dan pendampingan tentang bagaimana cara mengimprove nilai gizi produk dan bagaimana sanitasi dan higienitas yang harus dilakukan oleh para food handler.

Salah satu Dosen Fakultas Peternakan, Nisa’us Sholikah, S.Pt., M.Pt., menjadi narasumber pengabdian yang melakukan penyuluhan tentang pentingnya peningkatan gizi, sanitasi dan higienitas produk.

Peningkatan kualitas produk para IRT ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk dan juga daya beli konsumen karena meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk tersebut.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp