Mahasiswa Magister Peternakan Unisma Malang Melakukan Pendampingan Budidaya Kambing Perah Peranakan Etawa (PE)

Mahasiswa magister Peternakan Unisma Malang pada Senin (16/1/2023) melakukan pendampingan budidaya Kambing Perah Peranakan Etawa (PE) setelah observasi analisis masalah pada Desember 2022 di salah satu peternakan kambing Domba rakyat di Desa Sromo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Apa itu kambing perah?

Kambing perah merupakan salah satu hewan ternak domestik yang jarang dibudidayakan, karena pasar susunya masih sedikit diketahui masyarakat, padahal susu kambing memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan susu sapi.

Yustian Dwi Cahyo, Magister Peternakan, membantu pembibitan kambing perah untuk membantu memasarkan susu dan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada hanya fokus pada pembibitan.

Apa lagi yang akan dilakukan mahasiswa tersebut?

Yustian Dwi Cahyo juga akan membantu pemanfaatan konsentrat untuk meningkatkan produksi susu di tingkat peternak sehingga peternak memiliki dua pendapatan unggulan di masa depan, yaitu anakan sebagai program pemuliaan yang bisa dimanfaatkan. Susu kambing dijual dan diperah, yang bisa menjadi penghasilan sehari-hari dari beternak sapi.

Ke depan, diharapkan dengan adanya program master pengabdian ini akan semakin meningkatkan produksi susu dan efisiensi reproduksi, sehingga pendapatan peternak sapi perah kecil semakin meningkat.

sumber: TIMES Indonesia 

 

CATEGORIES
TAGS
Share This