Mahasiswa Prodi Peternakan Unisma Lolos Pendanaan Program Sosio Project Innovillage 2023

Mahasiswa program studi peternakan Unisma Malang berhasil lolos pendanaan Sosio Project Innovillage 2023. Tim Poultry New Auto Control yang didampingi oleh dosen pendamping Brahmandhita Pratama Mahardhika, S. Pt M. Si IPP tersebut beranggotakan Dian Eka Darmayani sebagai ketua tim, Time Dwi Setiawan sebagi anggota 1, dan Mohammad Akbar Hakim sebagai anggota 2 lolos beat 150 dalam ajang INNOVILLAGE 2023.

Tim tersebut juga mendapatkan pendanaan sebesar Rp 16 juta untuk implementasi sosial projeknya. INNOVILLAGE 2023 ini merupakan kompetisi sosiopreneurship di bidang teknologi advanced, yang hadir sebagai sinergi PT. Telkom Indonesia dengan perguruan tinggi di Indonesia. Ajang yang menggugah mahasiswa untuk ikut terlibat langsung membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat sekitar melalui inovasi computerized.

Sebanyak 2.835 mahasiswa dari 101 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia ikut berpartisipasi dalam ajang bergengsi ini.

Fapet

Red. Fapet

Tim Poultry New Auto Control melaksanakan kegiatan berdasarkan pada misi untuk perbaikan pencemaran lingkungan pada peternakan ayam broiler. Kegiatan di bidang sosial ini bersifat strategis dan berkelanjutan berdasarkan potensi dan identifikasi masalah.

Kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh tim INNOVILLAGE Unisma, Dinas Peternakan Malang, Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) dan peternak sekitar Desa Ganjaran. Ir. Brahmandhita Pratama Mahardhika, Spt M. Si IPP selaku dosen pembimbing tim juga pengisi materi hadir langsung di tengah masyarakat untuk merumuskan masalah serta memberi solusi.

Konteks penyusunan program ini terkait dengan mengatasi pencemaran lingkungan. Emisi gas amonia sangat berbahaya bagi kesehatan ternak, pekerja kandang, dan masyarakat yang hidup di sekitar kandang pemeliharaan. Permasalahan pencemaran lingkungan dapat diatasi dengan alat yang diciptakan tim yang dinamai New Auto Control.

Sistem kerja alat tersebut yaitu ketika kadar amonia dalam kandang tinggi, sensor akan mendeteksi dan dengan otomatis pompa akan menyemprotkan probiotik pada litter.

Selain mengatasi pencemaran yang disebabkan gas amonia, program ini juga mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan limbah agroindustri lokal. Permasalahan tersebut dengan mengubah limbah agroindustri menjadi Tortilla Nourish 3d shape yang dapat dijadikan pakan ternak ruminansia.

Kelembagaan mahasiswa yang berbasis masyarakat luas yang mampu membaca potensi usaha dan kebutuhan masyarakat dan potensi keberlanjutan program pasca kegiatan.

“Saya atas nama warga Desa Ganjaran sangat senang dan terbantu dengan adanya program yang diadakan oleh tim INNOVILLAGE Poultry New Auto Control. Dengan adanya program sosialisasi penyuluhan pengendalian emisi gas amonia kandang ayam dan pelatihan pengolahan limbah agroindustri menjadi Tortilla Nourish 3d shape untuk pakan ternak ruminansia banyak memberikan dampak positif bagi warga kami, terutama bagi peternak di Desa Ganjaran ini,” ungkap Kepala Desa Ganjaran, Ali Sodikin.

Sumber: TimesIndonesia

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp