Program Sosio Project Innovilage dinggelar oleh Tim Poultry Fresh Auto Control Unisma Malang

Tim ini didampingi oleh dosen Brahmandhita Pratama Mahardhika, S.Pt M.Si, IPP, diketuai oleh Dian Eka Darmayani dan beranggotakan Period Dwi Setiawan & Mohammad Akbar Hakim dengan menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Pengolahan Limbah Ternak Broiler Menjadi Pupuk Kandang Organik Berbasis Fermentasi Probiotik L-Salivarius” sebagai upaya dalam mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh penumpukan limbah ternak broiler.

Fapet Unisma

Red. Fapet Unisma

Kegiatan tersebut sejalan dengan Program Social Extend Innovillage 2023 yang berkolaborasi dengan PT Telkom Indonesia dan Telkom College yang mengangkat tema “Empowering Youthful Sociopreneur for National Development” atau Sociopreneurship Inovatif untuk Transformasi Berkelanjutan. Dimana program ini menciptakan solusi berkelanjutan untuk tantangan sosial dan lingkungan yang dihadapi.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan di Desa Ganjaran Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang yang bertempat di Doni Broiler Cultivate milik Bapak Doni yang merupakan warga setempat. Tim Poultry New Auto Control berfokus pada pengolahan limbah Broiler menjadi pupuk kandang menggunakan probiotik L-Salivarius yang difermentasikan secara Anaerob.

Pelatihan ini turut dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan warga sekitar yang merupakan peternak di berbagai sektor peternakan seperti ayam, kambing, dan sapi. Hal ini dikarenakan mata pencaharian masyarakat Desa Ganjaran pada umumnya adalah peternak.

Kegiatan tersebut mendapat respon positif dari masyarakat di Desa Ganjaran. Mereka menganggap peltihan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengolahan limbah ternak. Masyarakat Desa Ganjaran sangat antusias dengan memberikan pertanyaan serta saling sharing ilmu mengenai peternakan.

fapet.unisma

Red. Fapet

“Pelatihan yang kami laksanakan berjalan lancar dan mendapat kesan serta respon yang baik dari masyarakat Desa Ganjaran. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Ganjaran karena sudah berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan yang kami selenggarakan,” ungkap ketua pelaksana, Dian Eka Darmayani diakhir kegiatan pelatihan

 

Sumber: TimesIndonesia

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp