Fapet Unisma Berkolaborasi dengan Industri Peternakan Multi Nasional dalam Program Praktisi Mengajar

Fakultas Peternakan Universitas Islam Malang melatih tenaga ahli untuk mendukung salah satu program utama Kampus Merdeka Belajar Merdeka (MBKM) yaitu praktisi mengajar. Salah satu program tersebut adalah kolaborasi dengan praktisi dari PT Green Fields, Emerics KIEEP South Korea dan PT So Good Food.

Fapet Unisma

PT. Green Fields

Fapet Unisma

PT. So Good Food

Program Praktisi Mengajar adalah membawa ilmu industri ke dalam ruang kelas. Kolaborasi aktif baik dari praktisi ahli dan dosen perguruan tinggi agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam di dalam kelas perkuliahan.

Kolaborasi diharapkan dapat mengakselerasi penguasaan pengetahuan mahasiswa terkait berbagai bidang ilmu dan keterampilan dunia kerja.

Fakultas Peternakan pada semester genap 2022/2023 telah mengajukan 3 mata kuliah untuk dikolaborasikan dengan praktisi expert dari perusahaan nasional/internasional ternama.

Mata kuliah tersebut adalah Ilmu Kesehatan Ternak yang diampu oleh dosen Fapet yaitu Dr. Drh. Nurul Humaidah, M. Kes yang berkolaborasi dengan drh Bayu Berlian Chrisnawan sebagai Animal Health Supervisor di PT Green Fields Indonesia.

Mata kuliah Manajemen Peternakan yang diampu oleh Nisa’us Solikah, S.Pt, M.Pt bersama berkolaborasi dengan Muchammad Muchlas, S.Pt., M.Pt yang merupakan Spesialis Pertanian di Emerics KIEEP Korea dan Saat ini sedang menempuh pendidikan S3 di Fakultas Ilmu Peternakan Ilmu Peternakan, Korea College of Agriculture and Life Sciences.

Mata Kuliah Ilmu dan Teknologi Daging dan Kulit berkolaborasi dengan Dwi Wahyu Utomo, S.Pt sebagai Supervisor Quality Control di PT So Good Food.

Program Praktisi Mengajar diharapkan dapat merangsang keingintahuan mahasiswa terhadap kondisi nyata di industri peternakan dengan tidak terbatas pada teori seperti yang telah diajarkan oleh para dosen. Sharing mengenai pengalaman dan pengetahuan dari dosen praktisi ahli di bidangnya akan membantu mahasiswa untuk mendapatkan gambaran secara nyata mengenai dunia kerja dan tantangan serta hambatan yang dihadapi di lapangan.

Fakultas Peternakan yang sudah terakreditasi UNGGUL oleh BAN PT dan terakreditasi Internasional ASIIN dari Jerman telah mempersiapkan untuk bisa menghasilkan lulusan yang kompeten. Semester depan direncankan ada 8 mata kuliah yang akan dikolaborasikan dengan praktisi dari perusahaan Multinasional.

Kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen akan mendukung kompeten skills mahasiswa Fapet UNISMA karena akan tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di Fapet UNISMA dan profesional di dunia kerja sehingga menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja.

Fapet

Selain itu juga diharapkan program kolaborasi akan meningkatkan relevansi skills lulusan Fapet UNISMA dengan kebutuhan dunia kerja dan industri peternakan

CATEGORIES
Share This