Pendanaan PKM KEMDIKBUD 2023 diborong Fakultas Peternakan Unisma

Tiada hentinya prestasi nasional yang diraih oleh mahasiswa Fakultas Peternakan (FAPET) Unisma Malang.
Tahun 2023 ini Unisma berhasil menghantarkan 22 tim yang berhasil lolos didanai dan 13 Tim dari Fapet.
Tim mahasiswa Fapet lolos pendanaan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang sebanyak 13 tim dengan total pendanaan 110 juta.

Fapet Unisma

Dosen-dosen pembimbing

Tiga belas tim ini tersebar dalam berbagai skim PKM yaitu 9 tim PKM-Riset Eksakta, 2 tim PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM), 1 tim PKM-Penerapan IPTEKS (PKM-PI).
Tim mahasiswa Fapet Unisma berkolaborasi dengan mahasiswa dari fakultas lain, yaitu Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik.

PKM adalah ajang bergengsi yang diadakan oleh Kemdikbud Diktiristek. PKM merupakan program sebagai katalis peningkatan soft skill dan kompetensi mahasiswa Indonesia yang sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak mahasiswa.

Unisma melalui berbagai program mendorong mahasiswa untuk mencapai academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Salah satunya adalah mengenjot mahasiswa untuk dapat lolos dalam program PKM.
Berhasil meraih pendanaan PKM adalah suatu prestasi nasional yang membanggakan tersendiri bagi mahasiswa.

Data dari Kemahasiswaan Dikti diketahui bahwa ada hanya 5102 proposal yang lolos didanai dari sekitar 45.000 proposal dari seluruh Indonesia.

Peran dosen pendamping adalah sangat penting dalam faktor lolosnya proposal mahasiswa Fapet. Dosen-dosen pendamping tersebut adalah Ir. Brahmadhita Pratama Mahardhika, S. Pt., M. Si, IPP, Oktavia Rahayu Puspitarini, S. Pt., M. Si, Nisa’us Sholikah, S.Pt, M. Pt dan drh. Nurul Humaidah, M. Kes.

Fakultas Peternakan Unisma yang sudah terakreditasi UNGGUL dan Internasional ASIIN melakukan banyak terobosan dalam upaya meningkatkan kualitas program studi dan fakultas diantaranya dengan mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU) yang sudah ditetapakn pemerintah.

Fapet

Mahasiswa peraih pendanaan

PKM adalah salah satu program yang ditargetkan untuk mencapai IKU 1 yaitu lulusan mendapat pekerjaan yang layak dan IKU 2 adalah mahasiswa berkesempatan melakukan kegiatan di luar kampus.

PKM dapat mewadahi mahasiswa yang mempunyai pemikiran dan perilaku kreativ yang bersifat unik dan bermanfaat serta konstruktif yaitu dapat diwujudkan.

Fapet Unisma memberikan wadah bagi mahasiswa yang mau progressif dan berubah sesuai perkembangan zaman.

CATEGORIES
TAGS
Share This