Penyuluhan Pupuk Organik Cair Asal Cangkang Telur oleh TIM PKM-PM di Desa Ampeldento

Kelompok PKM-PM mengambil tema pemberdayaan generasi muda melalui pemanfaatan limbah rumah tangga cangkang telur menjadi produk andalan desa Ampeldento berupa pupuk organik cair dari cangkang telur.
Fapet

Sesi Foto bersama setelah acara sosialisasi

Tim PKM-PM yang diketuai Khusnul Fatimah ini antara lain Amelia Anggraini dari Program Penelitian Peternakan Fakultas Peternakan UNISMA dan Ayu Fikroh Nabila Program Penelitian Biologi FMIPA Unisma serta dosen peternakan Unisma Oktavia Rahayu Puspitarini , S.Pt., M.Si.

Kegiatan utama yang dilakukan adalah pemberdayaan generasi muda melalui penyuluhan tentang pupuk organik cair berbahan dasar cangkang telur.

Dewan ini mempertemukan 17 peserta dari karang taruna dan kelompok tani Desa Ampeldento serta kelompok PKM-PM. Kegiatan konsultasi ini merupakan kegiatan akar rumput pertama yang dilakukan di Vietnam 2023.

Tim membagikan soal-soal pre-test untuk mengukur pemahaman peserta sebelum acara inti menyajikan materi yang luas. Pemaparan materi konsultasi yang diberikan oleh tim PKM-PM.

Temuan penelitian mengenai telur POC dan cangkang telur, dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi mengenai pupuk organik cair.

Kegiatan konsultasi ini direspon antusias oleh organisasi pemuda dan petani, terbukti dengan aktifnya partisipasi dalam diskusi selama proses konsultasi.

Pak Nur Joko selaku kepala petani menanyakan cara menggiling kulit telur hingga menjadi bubuk. Nur Joko mengatakan, program tersebut sangat membantunya dalam pembuatan pupuk organik. Di akhir diskusi, tim PKM-PM membagikan angket tes berikut untuk mengukur keberhasilan konsultan.

 

Sumber: Times Indonesia

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp