Implementasi Magang Bersertifikat dengan Mengikuti Program Bertani untuk Negeri

Program Studi Mandiri dan Magang Bersertifikat (MSIB) merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edufarmers International bermitra dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk di bawah naungan Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia meluncurkan program magang yang terakreditasi Bertani Untuk Negeri (BUN)

 

Vaksinasi ayam layer

Pada tahun 2023, program BUN memasuki tahap VI. Tujuan keseluruhan dari program ini adalah untuk mengembangkan pendidikan dan pelatihan generasi muda pelajar di bidang pertanian di Indonesia.

Mereka merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan Unisma semester 6. Mahasiswa mengikuti program ini selama 5 bulan, mulai Februari hingga Juni 2023. Kegiatan magang yang dilakukan meliputi bootcamp, farming experience career, productivity project, on farm magang dan presentasi akhir .

Sebagai bagian dari kegiatan proyek produktivitas, mahasiswa ditempatkan di peternakan ayam petelur yang tersebar di provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa diajak langsung ke peternakan ayam petelur di Desa Sukowilagun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang selama 4 bulan.

Mahasiswa mendampingi enam peternak untuk meningkatkan Indeks Produktivitas (PI) ayam petelur. Pada kegiatan ini siswa mengamati kondisi ternak dan pengelolaan ternak mulai dari pengelolaan kandang, pemeliharaan, hingga pengendalian penyakit.

Mahasiswa kemudian mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh peternak ayam petelur untuk dijadikan rekomendasi perbaikan manajemen pemeliharaan guna meningkatkan PI ayam petelur.

Dalam observasi tersebut, anak-anak mengetahui permasalahan yang dihadapi para petani, terutama yang belum melaksanakan registrasi, biosekuriti, dan vaksinasi.

Mahasiswa melatih para peternak dalam registrasi sederhana sehingga dapat menerapkan sistem registrasi dengan baik. Dalam kegiatan ini, para siswa mengukur PI ayam petelur enam peternak yang mereka dukung sehingga mereka dapat merekomendasikan perbaikan manajemen pemeliharaan untuk diintegrasikan ke dalam operasional Sekolah Tani (FFS).

Fapet unisma

Farm Field School

Farm Field School (FFS) merupakan rangkaian kegiatan magang yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam mengelola produksi ayam sesuai SOP sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Dokumentasi yang diberikan selama kegiatan FFS meliputi penegakan biosekuriti, registrasi, pengelolaan pakan dan air, pengelolaan ayam dara dan keseragaman. Dengan adanya kegiatan FFS ini, hasilnya adalah peningkatan layer PI untuk setiap produsen yang didukung. Terakhir, kegiatan diakhiri dengan presentasi akhir oleh masing-masing siswa.

Sumber: Times Indonesia

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp