Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik dari Cangkang Telur

Pemberdayaan generasi muda melalui pemanfaatan limbah rumah tangga cangkang telur menjadi produk unggulan Desa Ampeldento berupa POC cangkang telur.
Fapet Unisma

Tim PKM bersama Karang Taruna Ampeldento

Tim PKM-PM diketuai oleh Khusnul Fatimah dari Program Penelitian Peternakan Unisma, diantaranya Amelia Anggraini dari Program Penelitian Fakultas Peternakan dan Ayu Fikroh Nabila dari program bioresearch FMIPA dan didampingi oleh Oktavia Rahayu Puspitarini, S.Pt., M.Si, dosen peternakan Unisma.
Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan Karang Taruna Ampeldento Bersatu dalam mengolah limbah cangkang telur menjadi pupuk organik cair untuk mengurangi pencemaran lingkungan dan meningkatkan kapasitas daur ulang sampah rumah tangga serta menjadi produk unggulan desa kerajinan Ampeldento.
Fapet Unisma

Proses pembuatan pupuk cair organik

Pertama adalah pemaparan materi yang dilakukan oleh Tim PKM-PM, kemudian menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, dilanjutkan dengan demoplot. Sesi terakhir adalah diskusi lalu tim PKM-PM membagikan kuisioner postest untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan pelatihan.

Hasil kuisioner didapatkan adanya peningkatan keterampilan peserta pelatihan, awalnya hanya 14% yang menyatakan tau cara pembuatan POC cangkang telur, setelah adanya pelatihan ini menjadi 64% peserta yang menyatakan tahu dan bisa membuat POC cangkang Telur.

Sumber: Times Indonesia

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp