Pengembangan Kandang Kambing Model Smart di Desa Tegal Weru

Peternak kambing di Desa Tegalweru Kecamatan Dau Kabupaten Malang dibantu Kandang Kambing BoerPE Model  Smart oleh dosen Fakultas Peternakan Unisma yang sedang menjalankan bakti sosial penerima beasiswa dari Universitas Islam Malang (UNISMA).

Fapet Unisma

Sepasang peternak yang mendapat bantuan kambing Boer PE

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan solusi atas permasalahan yang saat ini dihadapi para peternak kambing di Desa Tegalweru Kecamatan Dau Kabupaten Malang agar lingkungan tidak tercemar bahkan dapat memanfaatkan kotoran dan urine kambing sebagai pupuk tanaman oleh penduduk mengolah dan membudidayakan atau menanam pupuk kandang.

Pakan untuk ternak Pengabdian masyarakat dilakukan oleh dosen peternakan Unisma, Dr. Ir. Inggit Kentjonowaty, M.P. dan Ach Bagus Adhiluhung Mardhotillah, S.Pt., M. Pt. M.Sc akan berupa pengarahan tentang cara merawat kambing yang baik dan membangun kandang pintar sebagai proyek percontohan untuk peternak lainnya

Kandang kambing Smart BoerPE adalah kandang berbentuk kayu yang lantainya terdiri dari pelat penyaring yang dipasang di bawah lantai kandang sebagai pemisah kotoran dan urine, dan pelat keras sebagai wadah penampung kotoran agar tidak bocor dan jatuh ke tanah

lantai, agar limbah padat dan cair dapat dipisahkan atau ditampung sehingga tidak mencemari lingkungan, hal ini berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak dan peternak, sehingga pertumbuhan kambing dapat cepat dan maksimal, yang menguntungkan Selain itu dimuat . bukan lingkungan bagi masyarakat desa Tegalweru untuk hidup sehat dan bahagia.

CATEGORIES
Share This
× WhatsApp